« Home | Wonogiri, 8 September 2003 SIAPA JUARA DAN SI... » | SOLUSI KEMELUT PERSIS, PSFC DAN PASOEPATI Peli... » | Salam satu jiwa, suporter sepakbola Indonesia ! ... » 

Thursday, September 11, 2003 

MENYOAL MEREK SUPORTER PERSIS SOLO
SAMPAI FILOSOFI LUHUR SUPORTER INGGRIS

Shakespeare pernah bilang, apalah arti sebuah nama. Tetapi dalam kacamata pemasaran dan periklanan, apalagi di tengah membeludagnya merek produk di era informasi ini, pendapat Shakespeare itu akan membunuh bila dituruti. Sebab nama itu penting, paling tidak menurut begawan pemasaran Al Ries dan Jack Trout.

Keduanya pernah memberi contoh tentang pemilihan nama sebuah pulau di Teluk Karibia. Kalau pulau itu tetap memakai nama lamanya, yaitu Pulau Babi, tentu ia bakal tak seterkenal dan semakmur ketika menjadi resor pariwisata dengan nama Pulau Surga (Paradise Island) yang disandangnya kini.

Merujuk hal pentingnya nama, saya agak dibeliti tanda tanya ketika membaca bahwa nama kelompok suporter Persis Solo bernama Alap-Alap Samber Nyawa. Saya pribadi tidak punya masalah serius dengan nama itu. Tetapi rada mengganjal ketika nama itu muncul di media massa ditulis dengan nama singkatannya : AASN.

Saya juga tidak menyalahkan media yang melakukan penyingkatan tersebut. Sebab, otak manusia memang terbiasa mampu mengingat secara nyaman tujuh suku kata, di mana rumus ini telah jadi pegangan penting dan universal bagi para pencipta merek internasional dalam menelurkan nama untuk produk-produk baru mereka. Sementara itu, silakan hitung, betapa nama kelompok suporter Persis itu terdiri atas delapan suku kata. (Pasoepati terdiri empat suku kata !).

Terlebih lagi, ketika di media massa ia berubah jadi AASN, sehingga, menurut saya, membuat kadar eksotisitas (atau keseraman ?) dari nama Alap-Alap Samber Nyawa menjadi pudar. Apalagi akronim AASN itu juga tidak terdengar melodius di telinga dan di visual juga tidak memercikkan imej menarik yang mendekati citra dunia suporter sepakbola. Usul kecil saya, sebelum kebacut mengakar, bagaimana kalau nama itu diubah ? Terserah Anda para pentolan AASN untuk menolak atau pun menerima usul-usil ini..

Ada satu hal lagi yang ingin saya ingatkan, yang juga telah menjadi bahasan penting dalam buku saya Hari-Hari Sepakbola Indonesia Mati. Hal satu ini juga penting diingatkan bagi mereka yang mengaku sebagai suporter sepakbola di seantero Indonesia. Yaitu, semoga AASN terus mampu menjaga jati dirinya sebagai kelompok suporter sepakbola yang mandiri. Untuk bahan renungan dan cermin diri, saya kutipkan filosofi dari organisasi payung kelompok suporter di Inggris, The National Federation of Football Supporters' Clubs yang berstatus independen, dibiayai sendiri oleh anggota dan berdiri sejak tahun 1927. Disebutkan, “filosofi kami, suporter harus mampu membentuk diri mereka dalam kelompok sukarela yang independen, demokratis, dengan interes terbesarnya adalah demi tim yang mereka dukung dengan sepenuh ketulusan hati”.

Kalau Anda tidak setuju, mungkin Anda bukan tergolong sebagai suporter sejati !

Links to this post

Create a Link

"All that I know most surely about morality and obligations I owe to football"



(Albert Camus, 1913-1960)

Salam Kenal Dari Saya


Image hosted by Photobucket.com

Bambang Haryanto



("A lone wolf who loves to blog, to dream and to joke about his imperfect life")

Genre Baru Humor Indonesia

Komedikus Erektus : Dagelan Republik Semangkin Kacau Balau, Buku humor politik karya Bambang Haryanto, terbit 2012. Judul buku : Komedikus Erektus : Dagelan Republik Semangkin Kacau Balau! Pengarang : Bambang Haryanto. Format : 13 x 20,5 cm. ISBN : 978-602-97648-6-4. Jumlah halaman : 219. Harga : Rp 39.000,- Soft cover. Terbit : Februari 2012. Kategori : Humor Politik.

Judul buku : Komedikus Erektus : Dagelan Republik Kacau Balau ! Format: 13 x 20,5 cm. ISBN : 978-602-96413-7-0. Halaman: xxxii + 205. Harga : Rp 39.000,- Soft cover. Terbit : 24 November 2010. Kategori : Humor Politik.

Komentar Dari Pasar

  • “HAHAHA…bukumu apik tenan, mas. Oia, bukumu tak beli 8 buat gift pembicara dan doorprize :-D.” (Widiaji Indonesia, Yogyakarta, 3 Desember 2010 : 21.13.48).
  • “Mas, buku Komedikus Erektus mas Bambang ternyata dijual di TB Gramedia Bogor dgn Rp. 39.000. Saya tahu sekarang saat ngantar Gladys beli buku di Bogor. Salam. Happy. “ (Broto Happy W, Bogor : Kamis, 23/12/2010 : 16.59.35).
  • "Mas BH, klo isu yg baik tak kan mengalahkan isu jahat/korupsi spt Gayus yg dpt hadiah menginap gratis 20 th di htl prodeo.Smg Komedikus Erektus laris manis. Spt yg di Gramedia Pondok Indah Jaksel......banyak yg ngintip isinya (terlihat dari bungkus plastiknya yg mengelupas lebih dari 5 buku). Catatan dibuat 22-12-10." (Bakhuri Jamaluddin, Tangerang : Rabu, 22/12/2010 :21.30.05-via Facebook).
  • “Semoga otakku sesuai standar Sarlito agar segera tertawa ! “ (Bakhuri Jamaluddin, Tangerang : Rabu, 22/12/2010 :14.50.05).
  • “Siang ini aku mau beli buku utk kado istri yg ber-Hari Ibu, eh ketemu buku Bambang Haryanto Dagelan Rep Kacau Balau, tp baru baca hlm 203, sukses utk Anda ! (Bakhuri Jamaluddin, Tangerang : Rabu, 22/12/2010 :14.22.28).
  • “Buku Komedikus Erektusnya sdh aku terima. Keren, mantabz, smg sukses…Insya Allah, suatu saat kita bisa bersama lg di karya yang lain.” (Harris Cinnamon, Jakarta : 15 Desember 2010 : 20.26.46).
  • “Pak Bambang. Saya sudah baca bukunya: luar biasa sekali !!! Saya tidak bisa bayangkan bagaimana kelanjutannya kalau masuk ke camp humor saya ? “ (Danny Septriadi,kolektor buku humor dan kartun manca negara, Jakarta, 11 Desember 2010, 09.25, via email).
  • “Mas, walau sdh tahu berita dari email, hari ini aq beli & baca buku Komedikus Erektus d Gramedia Solo. Selamat, mas ! Turut bangga, smoga ketularan nulis buku. Thx”. (Basnendar Heriprilosadoso, Solo, 9 Desember 2010 : 15.28.41).
  • Terima Kasih Untuk Atensi Anda

    Powered by Blogger
    and Blogger Templates